Harga Diri?

11 02 2008

awa.jpg

Mungkin sekarang kita sudah memahami pentingnya punya rasa percaya diri. Tidak usah terlalu berlebihan, yang penting cukup untuk membuat diri kita jadi tambah maju. Lalu, bagaimana dengan harga diri? Harga diri bisa dikatakan sebagai kesadaran kita untuk memahami diri kita sendiri dan mampu menerimanya dengan jujur. Kesadaran ini timbul murni dari pemikiran sendiri bukan karena pengaruh orang lain.

Jadi, harga diri sebanding dengan lurus kemampuan kita untuk percaya sekaligus menghormati diri sendiri. Kalau rasa percaya diri kurang biasanya kita menjadi rendah diri, yang artinya kita memandang rendah keadaan diri sendiri. Sebaliknya, apabila kita terlalu memandang tinggi keadaan diri sendiri, maka yang timbul adalah arogansi (kesombongan). Semuanya tidak baik. Harga diri sejati tidak pernah mengagungkan diri sendiri dan merendahan orang lain, atau sebaliknya merendahkan diri sendiri dan menganggap orang lain lebih unggul.

Masalahnya bagaimana bisa mendapatkan harga diri yang positif atau sejati itu? Memang tidak mudah sih, tapi bukan berarti tidak bisa. Intinya ada pada kesadaran dan kejujuran kita untuk menerima keadaan diri sendiri. Kalau kita punya kekurangan pada suatu sisi, ya terima saja, tidak usah melarikan diri dari kenyataan. Cari solusi untuk memperbaikinya. Toh, kita masih punya kelebihan di sisi lain.

Menonjolkan kelebihan diri terlalu tinggi juga tidak baik. Karena pada kondisi tersebut biasanya kita tidak mau menyadari atau menerima kekurangan diri dan kelebihan orang lain. Kalau sudah tidak jujur begini, ujung-ujungnya yang sulit adalah kita sendiri. Bisa jadi orang lain akan menolak kehadiran kita atau mungkin juga susah bagi kita untuk menyesuaikan diri karena ingin lingkungan yang sama tingginya dengan harga diri yang kita punya.

Jadi kita kudu punya harga diri. Usahakan harga diri yang kita punya kadarnya pas, tidak merendahkan atau mengagungkan sesuatu secara berlebihan. Hidup seimbang itu emang lebih enak kok.

 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: