Hoax

7 04 2008

Akhir-akhir ini banyak sekali hoax berkeliaran di internet khususnya melalui Yahoo! Messenger. Apa sih yang dimaksud dengan hoax? Berbahayakah? Harus diapakan? Semuanya akan kita bahas dalam tulisan singkat kali ini.

Hoax bisa disebut sebagai suatu informasi yang sifatnya tidak benar dan tidak terbukti. Informasi ini biasanya digunakan untuk menyebarkan informasi palsu dan mengakibatkan orang menjadi takut atau terpengaruh dengan apa yang diinformasikan pada hoax tersebut. Sebagai contoh adalah hoax yang melalui Yahoo! Messenger beberapa waktu yang lalu. Penulis mendapatkan sebuah pesan dari rekan penulis pada Yahoo! Messenger seperti berikut ini.

“jika seseorang dengan nama dvorak@yahoo.com hendak menambahkan anda di YM.. jangan diterima, itu adalah virus. beritahu semua orang yang ada dalam list YM Anda, sebab jika mereka menambahkan maka anda juga akan mendapat virus tsb. Beritahu semua orang dalam list YM Anda untuk tidak membuka kiriman apapun dari angel11, tewwtuler dan sassybitch. Nama2 itu merupakan virus yang berfungsi untu membunuh hard drive. Sampaikan surat ini ke setiap orang dalam list YM Anda. Klik kanan pada daftar group name dan klik Send Message to All”

Terlihat pada pesan di atas bahwa ada seseorang dengan ID dvorak@yahoo.com yang katanya adalah virus yang bisa membunuh hard drive. Plus disana disebutkan juga bahwa Anda harus menyebarkan pesan tersebut ke semua rekan yang ada dalam Yahoo! Messenger Anda. Dari awalnya penulis sudah menduga bahwa ini adalah hoax yang bisa membuat orang menjadi panik dan akan mem-forward pesan tersebut kepada orang lain. Kalo kita perhatikan efeknya adalah membebani bandwidth internet kita. Bayangkan sekarang Anda memiliki contact list di Yahoo! Messenger sebanyak 50 orang dan masing-masing teman Anda tersebut juga memiliki contact list 50 orang juga dan semua orang tersebut mem-forward pesan hoax Anda. Efeknya adalah bandwidth internet akan terganggu oleh pesan-pesan hoax atau sampah tersebut.

Hoax ini kebanyakan juga berupa e-mail yang berisi informasi mengenai adanya virus baru yang berbahaya atau adanya trojan yang sudah menyerang komputer Anda misalnya. Untuk itu sebaiknya Anda tidak usah panik. Coba periksa kebenarannya dengan menggunakan anti virus atau anti spyware dan carilah informasi mengenai kebenaran isi informasi itu di internet. Ada banyak situs di internet, khususnya situs dari perusahaan anti virus, yang memberikan informasi mengenai hoax tersebut. Berikut ini adalah daftarnya.

http://www.symantec.com/avcenter/hoax.html
http://vil.mcafee.com/hoax.asp
http://www.f-secure.com/virus-info/hoax/

Pada situs-situs tersebut Anda bisa melihat berbagai macam hoax yang sudah beredar di internet. Hoax ini kebanyakan dibuat oleh orang-orang iseng yang ingin menyebarkan informasi bohong dengan menggunakan internet sebagai media, misalnya melalui e-mail, newsgroup, website, mailing list dan lain sebagainya. Ciri-ciri lainnya dari hoax biasanya adalah meminta Anda sebagai si penerima hoax untuk menyebarkan hoax tersebut kepada seluruh rekan-rekan Anda. Jika Anda mendapatkan pesan-pesan yang Anda anggap sebagai hoax maka biarkan saja dan buang saja pesan e-mail tersebut ke tempat sampah (junk mail).

Terkadang hoax juga disisipi dengan suatu trojan yang berupa attachment dalam email tersebut. Sebaiknya Anda tidak pernah membuka file attachment dari e-mail yang sumbernya tidak jelas dan selalu periksa dahulu file-file attachment tersebut dengan menggunakan anti virus anda yang sudah di-update virus definition -nya.

Demikian tulisan sederhana mengenai pengertian dari virus hoax. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Saran dan kritik bisa dilayangkan ke sony-ak@sony-ak.com. Untuk membaca tulisan menarik lainnya silakan menuju ke situs Sony AK Knowledge Center pada alamat www.sony-ak.com.

Terimakasih.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: